Saung Angklung Udjo – Bandung

Saung Angklung Udjo (SAU), dari namanya angklung saja kita sudah bisa menebak bahwa awal muasal dari tempat ini yang didirikan pada tahun 1967 oleh Bapak Udjo Ngalagena dan istrinya Ibu Uum Sumiati Udjo adalah suatu tempat pengembangan budaya terutama alat musik angklung. Terletak Jala Padasuka No. 118 Bandung – 40192 Jawa Barat, Indonesia Saung Angklung Udjo ┬ámerupakan tempat pertunjukan terpadu antara lain tempat pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan alat instrumen bambu. Hal tersebutlah yang menjadikan SAU sebagai pusat pendidikan dan penelitian angklung – seni dan kebudayaan sunda. Di Saung Angklung Ujo ini alat musik angklung dimainkan dan digabungkan dengan budaya dari jawa barat lainnya, seperti tari topeng, wayang golek dan tarian yang masih banyak lagi. Saung Angklung Udjo (SAU), dari namanya angklung saja kita sudah bisa menebak bahwa awal muasal dari tempat ini yang didirikan pada tahun 1967 oleh Bapak Udjo Ngalagena dan istrinya Ibu Uum Sumiati Udjo adalah suatu tempat pengembangan budaya terutama alat musik angklung. Terletak Jala Padasuka No. 118 Bandung – 40192 Jawa Barat, Indonesia Saung Angklung Udjo ┬ámerupakan tempat pertunjukan terpadu antara lain tempat pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan alat instrumen bambu. Hal tersebutlah yang menjadikan SAU sebagai pusat pendidikan dan penelitian angklung – seni dan kebudayaan sunda.

Di Saung Angklung Ujo ini alat musik angklung dimainkan dan digabungkan dengan budaya dari jawa barat lainnya, seperti tari topeng, wayang golek dan tarian yang masih banyak lagi.

Selain itu disini anda bisa melihat cara pembuatan angklung, hingga belajar memainkannya yang tentu akan dipandu. Angklung sebenarnya adalah alat musik orkestra yang biasa dimainkan 30 – 60 orang, dengan nada yang berbeda beda tetapi bisa menghasilkan suatu irama yang indah.

1.pembuatan angklung dari bambu 2. Karawitan Saung Angklung Udjo 3.
4. Tari topeng di saung angklung udjo 5. 6.
1. Pembuatan Angklung
2. Karawitan dan pemandu acara di Saung Angklung Udjo
3. Menunjukkan bagaimana Wayang Orang dimainkan
4. Tari Topeng
5. Kesenian khas Jawa barat
6. Permainan anak yang dilakukan bersama sama dengan pengunjung


Komentar di sini yuk ..

1 Trackback to "Saung Angklung Udjo – Bandung"

  1. on August 30, 2010 at 13:00