Karimunjawa – Virgin of Java

Meskipun sudah lebih dari 10 tahun tinggal di Semarang, belum pernah sekalipun datang ke Karimunjawa biarpun sering mendengarnya. Jadi biar di Jakarta, saya telah membulatkan tekat, mengumpulkan nyali dan memantapkan keyakinan saya untuk datang ke Karimunjawa.. berlebih nggak sih ? :D

Singkat cerita bagaimana menuju ke Karimunjawa dan ngapain aja ?

Oke buat yang belum pernah jalan yang umum adalah menggunakan kapal cepat ataupun kapal ferry dari Semarang atau Jepara. Kenapa saya bilang  umum ? karena ada juga transportasi lain yaitu udara, cuma kalau ada duit lebih boleh mencobanya. Karena pesawatnya model carter yang otomatis harganya juga lumayan mahal.

Karena kebetulan waktu itu tidak dapat tiket kapal cepat dari Semarang karena pesan 2 hari sebelumnya, dan cukup beruntung dapat tiket  balik kapal cepat dari Jepara ke Semarang karena ada yang batal pesan tiket, maka terpaksa berangkat dari Jepara menggunakan kapal ferry itu pun yang ekonomi karena nggak dapat yang VIP. Yah itung2 jadi tau bagaimana klo naik ferry , bagaimana juga kalau naik kapal cepat.

Untuk menuju ke Jepara bisa berangkat dari terminal Terboyo Semarang. Karena takut tidak dapat tiket jadi berangkat ke terminal pagi pagi dan sekitar jam 3.30 pagi sudah sampai,  wah sepertinya kepagian.. tapi bis ke Jepara sudah ada jadi langsung naik jam 03.45 bis sudah jalan, tiket bis ke Jepara cukup Rp. 6.000 saja perorang.  Sekitar jam 05.15 sampai di terminal, dari terminal ini sudah banyak becak, langsung aja minta ke pelabuhan. Emang bener2 kepagian 1/2 6 sudah sampai, karena tiket baru buka jam 1/2 7 gpp lah nungguin 1 jam , sambil nunggu di warung makan, buat sarapan sambil beli buat bekal di kapal, tapi kalau mau beli mie instant di kapal juga ada kantin kok. 1/2 7 tiket buka langsung beli dan benar VIP dah habis jadi beli tiket ekonomi seharga 28 ribu.

Teng jam 08.30 kapal berangkat dari pelabuhan. Buat yang mau cari posisi tempat duduk enak, jam  7 sudah harus naik kapal, gpp nunggu lama di kapal tapi dapat tempat duduk yang maknyus .. karena kalau sudah penuh, nyari tempat duduk bisa menjadi suatu masalah karena di setiap sudut lantai yang maknyus pasti sudah ada penunggunya ..

 
1. kapal ferry KMP Muria karimunjawa 2. kapal ferry KMP Muria karimunjawa 2
3. suasana dalam ferry KMP Muria 4. dalam ferry KMP Muria Karimunjawa
1. KMP Muria yang berangkat dari Jepara
2. KMP Muria pada waktu merapat di dermaga Jepara
3. Kalau nggak dapat yang VIP, naik ekonomi harus siap2 dengan kondisi ini, terutama musim2 liburan.
4. Suasana di tempat geladak kendaraan bermotor

Perjalanan ke Karimunjawa sejauh 90km ditempuh dengan kecepatan 15km/jam jadi biar nggak bosen,  bisa jalan2 di geladak kapal secara naik kapal berasa naik sepeda ke karimunjawa karena selama 6 jam duduk, pffff… jenuh juga.

Jam 14.30 kapal ferry merapat di dermaga Karimunjawa.

Karena dapat tempat menginap di cottage Dewa Daru, jadi turun kapal langsung menuju ke kamar cukup jalan kaki, karena hotel ini tepat  di depan Dermaga, mau pulang juga enak, karena dekat.

1. cottage dewa daru karimunjawa 2. cottage dewa daru karimunjawa 1 3. cottage dewa daru karimunjawa 2
4. cottage dewa daru karimunjawa 3 5. cottage dewa daru karimunjawa 4
1,2,3,4,5. Cottage Dewa Daru

Biar baru sampai dan hari sudah hampir sore, masih ada sedikit waktu, jalan2 menggunakan boat ke Tanjung Gelam, di pantai paling barat Pulau Karimunjawa. Mau snorkling atau foto juga bisa, pantai nya bersih, nggak ada sampah manusia, jauh lebih bersih dibandingkan waktu saya ke Pulau Tidung (kepulauan seribu).

1. pantai tanjung gelam karimunjawa
1. Tanjung Gelam, Pantai paling barat Pulau Karimunjawa

Setelah sore, sampai di hotel mandi, kemudian makan, berhubung besok masih banyak aktifitas dan  sudah capek di perjalanan, maka biar deh, tidur dulu malam ini. Dibela belain juga nggak nonton piala dunia 2010 perebutan tempat ketiga Jerman vs Uruguay, dan cihuynya besok pagi dengar berita Jerman menang 3-2 atas Uruguay.

Pagi jam 1/2 6 pergi ke Nirwana Lodge untuk melihat Sunrise, ternyata pagi ini lagi apes nih, sinar mentari masih malu2 untuk muncul, ya gpp lah, mungkin next time berkunjung lagi bisa beruntung.

1. nirwana lodge karimunjawa 2. private beach nirwana lodge karimunjawa 3. Pemandangan nirwana lodge karimunjawa
1,2,3 Pemandangan dari Nirwana Lodge

Setelah puas foto2 balik lagi ke cottage untuk sarapan, dan dilanjutkan bersiap2 ke acara puncak .. main air !! Menuju dermaga untuk menuju ke Pulau Menjangan Kecil, melihat terumbu karang dari water glass, karena nggak puas akhirnya byurr, nyemplung juga untuk snorkling, 1 set alat snorkling bisa disewa dengan 35rb saja. Menurut saya Terumbu karangnya disini lebih bagus dibandingkan yang waktu ke Pulau Tidung dan pantainya jauh lebih bersih dan bebas polusi laut.

Ikan ikannya juga lebih banyak, jangan lupa bawa roti karena kita bisa memberi makan ikan  disini, memberi makan ikan sangat  menyenangkan pokoknya ..

1. glass boat karimunjawa 2. snorkling karimunjawa
3. snorkling karimunjawa 2 4. pelaut senior karimunjawa
1. Glass boat buat yang nggak berani nyemplung ke air
2,3 Spot snorkling di Pulau Menjangan besar
4. Pelaut paling senior di Karimunjawa, lihat kacamatanya dari kayu gan !!! umur 50 masih kuat menyelam 10 – 15 meter tanpa alat scuba wow..

Setelah puas snorkling, kapal balik untuk ke Pulau Menjangan Besar, disini ada tempat  penangkaran Hiu, untuk yang berani berenang dengan Hiu, boleh berenang hanya dengan 5rb rupiah, dikolam lainnya pun ada penyu dan bintang laut yang ukurannya cukup besar.

1. penyu karimunjawa 2. penyu karimunjawa 2
3. bintang laut karimunjawa 4. berenang dengan hiu karimunjawa
1,2, Penyu di tempat penangkaran hiu
3. Bintang laut

Setelah puas, sekitar jam 10an balik lagi ke dermaga karena kapal pulang jam 2 siang akan  berangkat ke Semarang, masih ada 3 jam buat mandi, makan siang dan tidur2an sejenak sebelum meninggalkan Kepulauan Karimunjawa.

Buat yang mau merencanakan perjalanannya bisa menggunakan jadwal di bawah ini, karena setiap  minggu I dan III ada kapal cepat yang dari dan ke Jepara, jadi bisa berlibur lebih panjang. Saran saya siapkan cukup dana, untuk menjelajahi Pulau Karimunjawa berangkat hari Sabtu dan pulang hari Selasa atau berangkat Selasa pulang Sabtu, lebih puas rasanya. Untuk yang ingin pesan tiket terutama kapal cepat dan ferry VIP sebaiknya sudah pesan jauh2 hari karena tiket ini selalu ludes dipesan.

1. kapal cepat kartini karimunjawa 1 2. kapal cepat kartini karimunjawa 2
1. Kapal cepat Kartini Semarang – Karimunjawa
2. Kelas bisnis kapal cepat

Ini ada sekedar informasi jika ada yang ingin berkunjung ke Karimunjawa

Harga Tiket kapal ke Karimunjawa

Kapal Cepat Semarang – Karimunjawa

VIP Semarang – Karimunjawa : Rp. 131.000
VIP Karimunjawa – Semarang : Rp. 128.000
Bisnis Semarang – Karimunjawa : Rp. 111.000
Bisnis Karimunjawa – Semarang : Rp. 108.000
Kapal Cepat Jepara – Karimunjawa

VIP Jepara – Karimunjawa : Rp. 83.000
Bisnis Jepara – Karimunjawa : Rp. 63.000

Ferry Jepara – Karimunjawa

VIP : Rp. 50.000
Ekonomi : Rp. 25.000

Jadwal kapal ke Karimunjawa

Jadwal Kapal Cepat

Semarang                Sabtu            09:00               Karimunjawa            12:30
Karimunjawa             Minggu          14:00              Semarang                17:30
Jepara                     Senin            10:00               Karimunjawa            12:30 (setiap minggu I dan ke III)
Karimunjawa             Selasa           11:00              Jepara                      13:30 (setiap minggu I dan ke III)

Jadwal Kapal Ferry

Jepara – Karimunjawa Rabu, Sabtu  09:00 – 15:00
Karimunjawa – Jepara Senin, Kamis 08:00 – 14:30

Lama perjalanan ke Karimunjawa

Waktu tempuh Kapal Motor Cepat Kartini I

Waktu tempuh Kapal kartini Cepat :
Semarang-Karimunjawa : 3 – 3,5 jam
Jepara-Karimunjawa : 2,5 jam

Waktu tempuh kapal ferry Muria

Semarang-Karimunjawa : 6 jam

Pesan tiket kapal ke Karimunjawa :

Reservasi tiket Jepara :

Budi Utomo : 0813 2826 6781

Reservasi tiket Semarang :

Purwanto : 0815 6627 808

32 Comments to "Karimunjawa – Virgin of Java"

  1. January 3, 2013 - 13:17 | Permalink

    wah keren nih mas ceritanya, semoga kapan kapan bisa kesana ..

  2. Damai kurniawan's Gravatar Damai kurniawan
    December 26, 2012 - 21:52 | Permalink

    mas mau tanya untuk tiket kapal cepat hari sabtu berangkat dr jepara dan pulang dr karimunjawa hari seni untuk sekita 7orang ap masih tersedia,,,mohon infonya,pleas balas

  3. Monica's Gravatar Monica
    October 23, 2012 - 10:18 | Permalink

    Mas mau tanya, stasiun K.A yg deketan ke stasiun bus terboyo itu yg mana ya? semarang poncol/smrg tawang.

    Trus naik apa pagi2 jam 4 ke stasiun terboyo itu? boleh tahu hrg brp kira?

    lamanya 1.5 jam ke jepara ya?

    tq infonya.

  4. August 15, 2012 - 04:41 | Permalink

    bulan november 2012 aku ada rencana ke sana, kira 2 berapa harga tiketnya…???

    penginapannya bayar berapa…????

  5. monic's Gravatar monic
    August 14, 2012 - 20:34 | Permalink

    untuk harga 2012 gimana ??

  6. andi's Gravatar andi
    August 10, 2012 - 21:39 | Permalink

    kalau mau bagpacker trus buka tenda kira2 bisa ga . . .

  7. ribka's Gravatar ribka
    June 19, 2012 - 11:02 | Permalink

    16-18 agustus pas lagi lebaran tolong cepat infonya

  8. ribka's Gravatar ribka
    June 19, 2012 - 11:00 | Permalink

    boleh tau info angkutan,paket hotel yang lengkap untuk tanggal 16-18

  9. anita's Gravatar anita
    June 8, 2012 - 11:30 | Permalink

    lama perjalanan dari dermaga jepara ke bandara semarang berapa lama yah?

  10. anita's Gravatar anita
    June 8, 2012 - 11:30 | Permalink

    perjalanan dari dermaga jepara ke bandara semarang berapa lama yah?

  11. May 31, 2012 - 01:05 | Permalink

    sekarang sudah ada kapal cepat dari jepara bro, lebih murah dan lebih cepat, silahkan kapan-kapan di coba.. :)

  12. hani's Gravatar hani
    May 4, 2012 - 10:26 | Permalink

    wah makasih ya jd ada ide kesana, cuma skg 2012, berapa tarifnya ya, xiixx


  13. Notice: Undefined offset: 2 in /home/bprasc01/public_html/wp-content/plugins/google-analytics-for-wordpress/inc/functions.php on line 9
    December 24, 2011 - 14:46 | Permalink

    ijin share ya

  14. iwonk's Gravatar iwonk
    December 10, 2011 - 00:28 | Permalink

    mohon info dong, klo dr stasiun poncol ada angkutan ga ke terminal terboyo sekitar jam 23.00, terus dari terboyo ada bis yg brangkat jam 24.00 ga ke jepara, bis apa ya? Pencerahannya dong..

  15. iwonk's Gravatar iwonk
    December 10, 2011 - 00:22 | Permalink

    mohon info, kalo dr stasiun poncol ada angkutan ga ke terminal terboyo sekitar jam 23.00. Terus jam dari terminal terboyo ada juga ga bis yang berangkat malam sekitar jam 24.00 ke jepara.. Bis apa ya? Pencerahanya dong..

  16. mas ika's Gravatar mas ika
    September 14, 2011 - 13:19 | Permalink

    cottage nya dewadaru oke gak bro??
    atau ada rekomend hotel / cottage yg lebih oke?
    txx

  17. tasya's Gravatar tasya
    July 29, 2011 - 11:44 | Permalink

    klo lagi bulan puasa, cari makanan susah gak ya?
    saya berencana ksana agustus ini dan saya nonmuslim..
    kepikiran soal makanan jadinya..

    mohon info yaa
    thx

  18. ipoel's Gravatar ipoel
    April 10, 2011 - 19:31 | Permalink

    harga cottage berapa bro?

Komentar di sini yuk ..

5 Trackbacks to "Karimunjawa – Virgin of Java"

  1. on November 4, 2013 at 09:26
  2. on September 15, 2013 at 16:35
  3. on September 15, 2013 at 16:33
  4. on January 19, 2013 at 22:12
  5. Karimunjawa Islands | Get Around Indonesia
    on November 23, 2012 at 00:58