Kuliner Ungaran, Tahu Baxo Bu Pudji

Kalau ke Semarang, salah satu panganan yang harus dicoba adalah tahu bakso. Yang terkenal adalah Tahu Baxo Bu Pudji, meskipun banyak yang menjual tahu Bakso, tapi bu Pudji lah yang selalu menjadi rujukan saya. Karena rasanya yang hmmm.. enak bener, rasanya itu pas aja di lidah apalagi pakai cabe rawit hijau, makin sedap.

Tahu bakso dibilang snack ya bukan, di bilang makanan berat ya bikin kenyang tergantung berapa banyak makannya deh :D   Meskipun lokasinya agak ke dalam, para pelanggannya masih setia untuk datang, bahkan rela untuk antri dan menunggu karena sering habis.

Jangan abaikan Semarang sebagai tempat wisata kuliner, karena selain bakso tahu ini banyak juga lainnya seperti asem asem koh liem, Sate 29, atau lihat mengenai semarang disini.

Sri Lestari atau akrab dipanggil Bu Pudji ini sang pencetus tahu bakso sebagai oleh-oleh khas Ungaran. Satu bungkus tahu bakso goreng berisi 10 biji harganya Rp 16 ribu, sedangkan tahu bakso basah atau belum digoreng Rp 15 ribu. Tahu bakso ini bisa dimakan begitu saja ataupun di olah lagi dengan masakan lain. Untuk ketahanan di luar kulkas sekitar 2 hari kalau di kulkas saya pernah coba 1 minggu pun masih enak, mungkin karena proses pembuatannya sangat terjaga kebersihannya, dan yang pasti bebas pengawet.

Lokasi masuk nya kalau dari Semarang menuju Yogya,  di seberang DPDR Ungaran masuk belok ke kiri sekitar 100 meter tepatnya di jalan Letjen Suprapto No 24 Ungaran. Saya 5 bulan lalu ke Ungaran tempat jualan ini di renovasi total, tapi tetap buka sementara di kios kecil di depannya. Tahu Baxo ini juga membuka outlet lagi yaitu di pinggir jalan Ungaran, lokasi persisnya saya lupa, nanti kalau inget di update deh.. :p

Sejarah Bu Pudji mulai membuat tahu bakso pada 1995. Awalnya hanya dijual di kalangan teman-teman PKK, atau Dharma Wanita. Dari situ, tahu baksonya mulai dikenal luas. Sebelumnya hanya melayani kalau ada pesanan. Kemudian diputuskan setiap hari bikin. Karena setiap hari pasti ada yang membeli. Waktu itu dikenal dengan tahu bakso Kepodang karena Bu Pudji tinggal di Jalan Kepodang.

Tahun 1996, ia berjualan dengan gerobak dorong. Produksi tahu tiap hari hanya 100-150 biji, kemudian berkembang menjadi 1.500 pada 2002. Dan saat ini rata-rata tiap hari mencapai 10 ribu. Pada saat liburan Hari Raya Lebaran bisa sampai 15 ribu tahu setiap hari. Meskipun bermunculan pesaing baru, dirinya tetap eksis.

“Logikanya kalau banyak pesaing produksi kita berkurang. Realitasnya tidak, justru semakin bertambah dan bertambah. Saya juga tidak tahu kenapa bisa terjadi,”papar pria yang baru setahun pensiun itu.

Tahun 2002, pasangan suami istri ini pindah rumah, dari Jalan Kepodang ke Kutilang. Maka, nama tahu bakso Kepodang diganti menjadi Tahu Baxo Bu Pudji.

Diceritakan ibu 3 anak itu, ide membuat tahu bakso karena kepepet kebutuhan hidup. Gaji suami PNS dirasa tak mampu memenuhi kebutuhan yang semakin besar. “Tiap tanggal 10 gaji sudah habis. Jadi saya harus kreatif memutar otak mencari tambahan penghasilan,”papar perempuan berkerudung ini.

Semula mencoba bisnis pakaian, kelontong dan beberapa usaha lain, namun selalu menemui kegagalan. Lantas muncul ide bikin tahu bakso, ketika mencicipi tahu isi bakso di suatu acara. “Karena saya hobi masak, saya coba bikin tahu bakso,”katanya sembari tersenyum. Berkat tahu bakso, Bu Pudji tak lagi tergantung pada gaji suami yang pas-pasan.

Ayo siapa lagi yang mau menyusul jadi wiraswastawan kuliner ??

1. tahu bakso bu pudji 1 2. tahu bakso bu pudji 2
1,2 Tahu baxo Ibu Pudji Ungaran

15 Comments to "Kuliner Ungaran, Tahu Baxo Bu Pudji"

  1. Priyo Wibowo's Gravatar Priyo Wibowo
    February 14, 2013 - 11:35 | Permalink

    bagi rekan-rekan yang ingin merasakan tahu baxo ibu pudji bisa order ke saya,
    pengiriman akan menggunakan TIKI, dengan paket ONS.
    bisa juga cek lapak ane di kaskus gan.
    kemarin ane habis kirim ke dpok, jakarta barat, surabaya.
    bis akontak saya. 081805965149 atau di bb, PIN 2A716559

    • Evi's Gravatar Evi
      April 23, 2013 - 10:10 | Permalink

      Kalau saya mau order dari Jakarta bisa atau tidak? dan minimal pemesanan harus berapa? harga berapa termasuk ongkos kirimnya.

      Tks
      Evi

      • priyo's Gravatar priyo
        May 17, 2013 - 12:04 | Permalink

        langsung kontak saya saja …

  2. aina's Gravatar aina
    December 6, 2012 - 04:39 | Permalink

    tahu baxo dari ungaran terutama bu pudji memang enak dan lezat
    sama dengan burung dara muda dari ungaran….
    yang order dari ungaran pasti laris dan enak coz burung daranya muda2 dan gemuk…

  3. fatih's Gravatar fatih
    October 4, 2012 - 14:17 | Permalink

    saya pernah iseng mencoba tahu bakso sejenis, jujur Hanya Tahu Bu Pudji yang pas di lidahku. setiap saya pulang sal3 wajib mampir ke counternya. apalagi sekarang ada 2. pluss sambil menikmati bakso dan jajanan yg tersedia.
    Tahu Baxo Bu Pudjii tetep!!! inspirasi buat saya juga. salut dech

  4. eko's Gravatar eko
    August 28, 2012 - 22:50 | Permalink

    saya pngen tau cara bikinya,hehehe
    kpan2 boleh dateng ke tmpat produksinya gak ya???
    :D

  5. v.wenny's Gravatar v.wenny
    May 28, 2012 - 07:56 | Permalink

    bisa ga beli on line..thanks

  6. NOEN's Gravatar NOEN
    November 3, 2011 - 13:42 | Permalink

    tokonya pagi buka jam brapa ?

  7. andia's Gravatar andia
    May 16, 2011 - 15:00 | Permalink

    Ada pemesanan secara online ga?sy pernah nyobain dksh tetangga,rasany enak bgt..

Komentar di sini yuk ..

2 Trackbacks to "Kuliner Ungaran, Tahu Baxo Bu Pudji"

  1. on January 21, 2011 at 23:19
  2. on September 1, 2010 at 04:05