Rujak Cingur Jl. Taman Apsari – Surabaya, khas Jawa Timur

Rujak Cingur, adalah makanan khas yang banyak di jual di Jawa timur terutama di Surabaya ataupun di rumah rumah makan khas Jawa Timur. Rujak Cingur komponen bahan utamanya adalah petis dan cingur yaitu bagian hidung dan bibir dari sapi. Selain itu rujak cingur biasanya berisi dicampur dengan irisan buah buahan seperti timun krai (timun khas Jawa Timur), bengkoang, mangga muda, kedondong, nanas, kemudian ditambah beberapa sayuran seperti tauge, kangkung dan kacang panjang. Kemudian di atasnya di siram saus yang berwarna hitam yang terdiri dari bahan utama petis udang.

Karena Kadang kadang karena sulitnya bahan cingur, ada beberapa penjual yang menggantinya dengan kikil, karena di mulut teksturnya hampir mirip, yaitu ‘ kenyil kenyil ‘. Tapi beberapa penjual yang cukup dikenal biasanya memajang cingur yang masih utuh dan baru di potong potong ketika akan disajikan seperti salah satu penjual rujak cingur yang berada di jalan Taman Apsari samping tempat wisata Arca Joko Dolog, yang merupakan pindahan dari Jalan Embong Sawo (bekas lapangan tennis).  Rasanya lumayan enak.

Disini juga ada minuman kolak yang berisi ubi, waluh, mutiara, kolang kaling, dan pisang yang direndam dalam air santan dan di beri es. Segar bener panas terik makan rujak cingur, pedas dan berkeringat setelah itu minum es kolak. Paduan yang mantap bener ..

1. 2.
3. 4. 

Selain Rujak Cingur, di Surabaya ada beberapa makanan khas lain seperti  kupang lontong yaitu sejenis kerang kecil yang patut dicoba.

Komentar di sini yuk ..